Live TV Streaming

under maintenance
Minggu ke 36 & 37 Kehamilan

Di Posting Oleh Aorama on 11:41 AM

Minggu ke 36
Saat ini adalah waktu yang baik untuk bunda menyediakan waktu khusus membuat rencana kelahiran.

Rencana kelahiran perlu disiapkan agar pada saatnya mendekati persalinan semua berjalan lancar, pada dasarnya… apabila bunda belum menyiapkan rencana kelahiran dan pada saat melahirkan terjadi bunda sudah tidak mungkin lagi berpikir apa yang harus dilakukan.

Rencana kelahiran ini dapat berupa menyiapkan semua pakaian bunda yang mungkin dibutuhkan di dalam koper apabila bunda dirawat di rumah sakit pada saat melahirkan. Hubungi rumah sakit dimana bunda akan dirawat karena di beberapa rumah sakit diharuskan memesan kamar beberapa minggu sebelum melahirkan.

Apabila diperkirakan antara rumah dan rumah sakit pilihan bunda letaknya berjauhan maka ada kemungkinan kalau bunda sudah menginap di rumah saudara atau hotel terdekat dengan rumah sakit. Apabila bunda tidak memiliki asuransi maka persiapkan dana bunda.

Kulit bayi bunda sudah semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi. Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis dari bayi. Ginjal dari bayi sudah bekerja dengan baik dan livernya pun telah memproduksi kotoran. Saat ini paru-paru bayi bunda sudah bekerja baik bahkan sudah siap bertemu dengan mama dan papa.

Berat badan bayi 2400-2450 gram, dengan tinggi badan 47-48 cm


Minggu ke 37
Dimulai dengan minggu ke 37 kehamilan adalah saat yang mendebarkan bagi bunda karena ada kemungkinan tiba-tiba bayi sudah siap lahir. Masih teringat dengan kontraksi Braxton Hicks?

Bunda akan merasakan kontraksi ini lebih sering dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya, terutama di minggu-minggu akhir ini. Bunda harus semakin memperhatikan kontraksi yang bunda alami apakah kontraksi yang bunda alami merupakan Braxton Hicks atau memang kontraksi akan melahirkan, maka hal-hal yang akan membedakan pada kontraksi akan melahirkan adalah antara kontraksi yang satu dengan yang lain berdekatan, kontraksinya semakin menguat dengan jangka waktu kontraksinya lebih lama, akan sangat terasa saat bunda berjalan.

Bunda akan merasakan kalo bayi bunda posisinya telah turun. Selain itu bunda harus semakin memperhatikan apabila terjadinya vlek dengan sedikit darah maka langsung hubungi dokter bunda.

Beberapa minggu yang lalu bayi bisa bereaksi terhadap lampu senter yang bunda pusatkan di perut bunda sedangkan pada minggu ini bayi bunda sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim.

Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian, maka bundalah yang harus mengajari bagaimana dan berapa jam waktu terang atau siang hari dan berapa lamakah waktu istirahat atau gelap, waktu dimana bunda mengajari bayi untuk beristirahat. Selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air.

Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram, dengan tinggi 48-49 cm




Sumber : www.infobunda.com


Artikel lain yang berhubungan :




0 comments for this post

Post a Comment

Followers